Blog

Latest Industry News

Pakai Jok Kulit di Mobil, Begini Cara Murah Merawatnya

Mobil berbahan kulit memberikan kesan mewah dan kenyamanan pagi penggunanya. Agar tetap dalam keadaan optimal, jok kulit perlu dirawat rutin agar awet dan tidak mudah rusak. Nyatanya, tidak sulit dan juga murah untuk merawat jok kulit pada mobil. Ada bahan ekonomis yang bisa dimanfaatkan, sabun bayi batangan.

Dijelaskan Edy, pemilik bengkel spesialis interior dan seat maker Vertue Concept, sabun bayi batangan bisa dijadikan bahan utama perawatan jok kulit. Dipaparkannya, sabun bayi punya kandungan keasaman yang seimbang. Itu dinilai aman untuk kulit asli maupun sintetis.

“Merawat kulit sintetis dan asli sama, pakai sabun bayi. Karena pH nya seimbang,” tutur Edy saat dijumpai di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018. Itu berarti, tak cuma berlaku di jok. Bagian lain di interior mobil dengan material kulit juga bisa dirawat dengan sabun bayi.

Caranya cukup mudah. Cari sabun bayi batangan (solid) lalu potong kecil-kecil. Kemudian diblender dan dicampur air untuk mencairkannya. Simpan dalam botol, dan aplikasikan pada material kulit dan sintetis di kabin yang perlu dijaga.

Meski mudah dan murah, Edy tetap menekankan kalau itu harus rajin dilakukan. Paling tidak satu atau dua minggu sekali. Karena dengan itu, bisa sekaligus membersihkan sedikit kotoran pada permukaan. “Sebaiknya seminggu atau dua minggu sekali ya. Kita bicara konteksnya merawat ya, bukan membersihkan. Tapi itu bisa sedikit membersihkan, meski tidak seberapa,” papar Edy.

Dengan perawatan seperti itu, dikatakan bisa menambah daya tahan kulit lebih lama. Yang artinya, tidak butuh biaya mahal untuk membersihkan secara intensif kalau sudah terlalu kotor. Lebih parah, sampai kulit sudah jelek dan harus ganti. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar lagi.

Selain tahan lebih lama, ketika dibersihkan dengan sabun bayi, juga menjaga tampilan kulit tetap doff, tidak glossy atau mengilap. Karena sejatinya, menurut Edy, kemewahan material kulit datang dari warna doff. Itu juga yang disukai oleh banyak orang ketika memilih memakai kulit asli atau sintetis pada interior mobil. Sedang memakai sembarang cairan pembersih bisa mengilapkan permukaan kulit. “Ada beberapa merek untuk perawatan interior sering kali punya kecenderungan bikin interior jadi glossy. Sedangkan kesan mewah itu harus doff,” tutur Edy.

Begitulah cara mudah dan murah merawat jok, baik berbahan kulit sintetis maupun asli. Kalau rajin dirawat niscaya menjauhkan kasus untuk membersihkan secara besar-besaran maupun mengganti jok yang butuh biaya mahal. Dengan rajin merawat, interior mobil juga bakal tetap segar dan bersih. 

Sumber:Oto.com

Leave comments

Your email address will not be published.*



You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Back to top