Blog

Latest Industry News

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak, Mudah dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Baik sepeda motor maupun mobil pasti memerlukan accu atau biasa disebut aki. Aki memiliki peran penting bagi kendaraan roda 4 dan roda 2. Komponen yang satu ini tentu saja sangat dibutuhkan mengingat aki berperan sseperti baterai yang mampu menyuplai daya listrik ke komponen lainnya. Sebaliknya, jika aki tak ada atau mati, maka hal ini akan sulit untuk menyalakan berbagai kompenen, mulai dari starter mobil, AC, lampu, sistem hiburan, dan lain-lainnya.

Aki sendiri ada dua jenis, yakni aki basah dan aki kering. Aki kering lebih banyak dipilih karena dirasa lebih awet saat digunakan. Tidak hanya itu, aki kering juga dirasa lebih praktis dalam hal perawatan serta memiliki aliran listrik yang lebih kuat dan stabil.

Meski merawat aki kering bisa dibilang lebih mudah dibandingkan jika merawat aki basah, penting juga untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki aki yang kering. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2019) cara memperbaiki aki kering yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Cara memperbaiki aki kering

Peralatan yang harus disiapkan:

1. Obeng minus.

2. Obeng plu.

3. Pisau. Bisa pisau dapur ataupun gergaji besi.

4. Air aki yang dapat dibeli di bengkel ataupun toko otomotif.

5. Solasi atau selotip dengan ukuran besar.

Cara memperbaiki aki kering

1. Lepas aki dari tempatnya

2. Buka bagian penutup aki menggunakan pisau atau gergaji yang telah disiapkan sebelumnya. Ingat, lakukan dengan hati-hati agar pisau dan gergaji tidak melukai tangan ini cara memperbaiki aki kering yang kedua.

3. Cara memperbaiki aki kering yang ketiga perhatikan pada bagian atas aki yang terdapat tulisan “Do Not Open” lalu gergaji bagian tersebut. Lakukan hal yang sama pada bagian samping serta belakang dari penutup aki.

4. Lepas bagian penutup pada wadah aki. Setelah terbuka, kamu akan menemukan enam lubang yang selanjutnya silahkan diisi menggunakan air aki (accu zuur) yang teah kamu beli di toko otomotif sebanyak 15 mililiter.

5. Hindarkan kotak langsung cairan accu dengan kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jikapun terlanjur kena, segera gosok menggunakan sabun agar iritasi bisa berkurang.

6. Cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah setelah lubang terisi semua, tutup lubang tersebut menggunakan penutup aki. Agar merekat kuat, gunakan solasi.

7. Jika memang aki kering masih belum menunjukkan tanda perbaikan, ada baiknya kamu membongkar aki sekali lagi untuk mengamati jika ada sel-sel pada aki yang rusak.

Cara menjumper aki mobil dengan baik

1. Safety first, gunakan alat pengaman mata, sarung tangan, sepatu bersol karet. Pastikan kamu melakukan jumper di ruang yang kering dan tidak dalam keadaan hujan. Jauhkan dari cairan atau bahan bahan yang mudah terbakar, serta jauh dari anak-anak.

2. Posisikan kedua kendaraan agar aki masing-masing mobil bisa sedekat mungkin dan dalam jangkauan kabel jumper, serta cukup ruang bagi anda untuk bekerja.

3. Cari dan perhatikan kutub positif dan kutub negatif aki pada mobil donor (mobil D) maupun pada mobil penerima (mobil P).

4. Bersihkan kedua kutub positif dan negatif aki di kedua mobil, pastikan terpasang kuat.

5. Kedua mobil pada posisi kunci kontak OFF.

Urutan men-jumper adalah sebagai berikut

1. Jepitkan klem kabel jumper merah ke kutub positif mobil D, hubungkan dengan kutub positif mobil P. Pastikan jepitannya kuat dan stabil.

2. Jepitkan klem kabel jumper hitam pada kutub negatif, dimulai pada mobil P lalu lanjutkan ke mobil D. Pastikan jepitannya kuat dan stabil.

3. Start mobil D, biarkan beberapa saat agar arus mengalir ke aki mobil P.

4. Coba start mobil P.

Cara Agar Aki Tak Cepat Soak

1. Beban Penggunaan Aki diperhatikan

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel.

2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu tips termudah dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat.

3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5-10 menit.

4. Pastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil kamu. Saat kamu merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil.

Nah, itu tadi ulasan cara memperbaiki aki kering yang mudah dan ampuh. Jangan lupa juga untuk selalu merawat aki kering agar tak cepat soak.sumber:liputan6.com

 

Back to top