Cek Kondisi Ban-mu Jika Tidak Ingin 3 Hal Ini Terjadi !!!

Honda Ahmad Yani

Dipenghujung tahun seperti ini, bukan hal yang aneh lagi jika sering mendapati kondisi jalannan yang basah terguyur air hujan karena memang akhir tahun selalu bertepatan dengan musim penghujan. Meskipun memang akhir akhir ini intensitas hujannya tidak terlalu sering namun sekalinya hujan cukup untuk meluapkan saluran air disepanjang trotoar terutama di sekitar Bandung  Selatan.

Namun poin utama dari pembahasan kali ini adalah pentingnya kita untuk mengecek kondisi ban kendaraan sebelum anda berkendara karena ban sendiri merupakan part terpenting yang bisa saja mengancam keselamatan kita sebagai pengemudi ataupun penumpang apabila kondisi ban tersebut tidak dalam keadaan baik. Berikut ini hal yang mungkin saja terjadi apabila kondisi ban sedang dalam keadaan yang kurang baik bahkan buruk

 

Kendaraan sulit  dikendalikan

Untuk yang pertama ini biasanya terjadi apabila kita lupa mengecek tekanan udara pada ban kendaraan kita. Jika tekanan udara tersebut kelebihan, efeknya kendaraan kita akan terasa keras dan aga kurang nyaman ketika melewati jalan berlubang. Nah apabila tekanan udaranya kurang, inilah yang cukup berbahaya karena akan cukup sulit untuk kita mengendalikan kendaraan terlebih jika tekanan antara ban kiri dan kanan berbeda akan terasa berat ke salah satu sisi.

Tergelincir

Keadaan ini sering terjadi ketika ban kendaraan kita sudah cukup aus. Atau ban yang kita gunakan terlalu keras (jenisnya) dan kurang cocok apabila digunakan di jalanan yang basah. Nah untuk masalah kali ini ada baiknya pada saat kita mengganti ban nanti pilihlah ban yang memang memiliki karakter cukup mumpuni untuk menerjang segala medan dan musim di Indonesia tentunya.

Selip

Mungkin jika dilihat dari segi bahasa antara “Tergelincir & Selip” tidak berbeda jauh yaa heheh, tapi menurut persepsi kami untuk selip sendiri biasanya lebih dikaitkan ke suatu keadaan dimana ban terkunci pada saat pengereman. Yaa, meskipun  beberapa mobil muda memiliki fitur abs tidak ada salahnya kita meningkatkan keamanan dari segi bannya itu sendiri. Ban yang terkunci pada saat pengereman biasanya terjadi karena ban tersebut tidak memiliki tekstur bisa jadi kondisi bannya itu sendiri sudah tidak layak atau bahkan tekanan udara yang berlebih, oleh karena itu cek lah tekanan udara pada ban-mu secara berkala agar selalu pas.

Okey, mungkin itu tadi beberapa hal yang mungkin saja terjadi pada kita apabila kita tidak pernah mengecek kondisi dari ban kendaraan yang sehari hari kita gunakan. Pada intinya ceklah kondisi dari ban kendaraanmu sebelum berkendara dan jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalan agar kita selalu diberikan keselamatan oleh Yang Maha Kuasa.

KEEP SAVE BRO !!! sampai jumpa di postingan berikutnya.

Back to top
Ada yang dapat kami bantu?