Ini Tips Agar Mobil Matik Gak Boros

Jakarta – Punya mobil bertransmisi otomatis biasanya sering dikait-kaitkan dengan konsumsi bensin yang lebih boros kalau dibandingkan mobil manual. Padahal sebenarnya Otolovers juga bisa menghemat bensin saat mengendarai mobil matik lho! Nah, berikut detikOto kutip dari Suzuki Auto Blog tips-tips mengendarai mobil matik supaya bensinnya nggak boros. 

1. Jaga Momentum
Seperti halnya dalam ilmu fisika, semakin sedikit energi yang digunakan maka konsumsi bahan bakar pun akan sedikit. Otolovers perlu menjaga momentum ketika berkendara. Artinya jangan terlalu sering ngegas dan ngerem ketika mengendarainya. Diperlukan konsistensi kecepatan saat mengendarai mobil matik. 

2. Jauhkan Kaki dari Pedal Rem
Hindari meletakkan kaki di atas pedal rem. Walaupun kaki Otolovers hanya menggantung di atas pedal rem, hal itu tetap memberikan tekanan terhadap mobil yang juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Disebutkan How Stuff Works, hal itu akan memberikan beban yang tidak perlu terhadap mesin dan transmisi. Selain itu, rem juga bisa cepat aus.

  1. Tekanan ban yang sesuai
    Ada baiknya Otolovers rajin mengecek tekanan ban sebelum berpergian menggunakan mobil. Menjaga tekanan ban yang sesuai bisa menambah efisiensi bahan bakar. Selain bisa menghemat bensin, menjaga tekanan ban yang sesuai juga bisa mencegah kecelakaan. 

    4. Tak Perlu Terburu-buru
    Menyetir seperti halnya sedang balapan? Kalau bisa kebiasaan tersebut dihindari ya Otolovers. Mengerem dadakan dan kemudian membejek gas kembali sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Berkendara secara agresif dapat membuat bensin lebih hemat 33 persen saat dikendarai di jalan tol. Berakselerasi lah dengan santai tak perlu menggeber gas. 

    5. Membeli bensin saat cuaca dingin
    Ada beberapa kalangan yang mengatakan kalau mengisi bensin di cuaca dingin bisa lebih hemat. Alasanya cairan bensin dapat memuai di cuaca panas. Sedangkan saat suhu lebih dingin maka bensin bisa lebih padat. Disarankan untuk mengisi bensin di pagi hari.

6. Dirawat
Seperti halnya tubuh, mobil pun perlu dirawat. Mobil akan berfungsi sebagaimana mestinya termasuk hemat bensin ketika kondisinya baik. Luangkan waktu Otolovers untuk menyempatkan diri ke bengkel melakukan perawatan berkala. Hal itu dipercaya bisa menghemat bahan bakar hingga 10 persen. Perawatan berkala juga membuat komponen pada mobil berumur panjang. 

7. Menggunakan fitur cruise control
Kalau mobil Otolovers sudah canggih dan memiliki fitur cruise control disarankan untuk menggunakannya. Cruise control bisa membuat mobil berjalan dengan kecepatan konstan. Kecepatan konstan tentu berpengaruh terhadap konsumsi bensin yang bakalan lebih hemat. (dry/ddn).sumber:detik.com

Leave comments

Your email address will not be published.*



You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Back to top
Ada yang dapat kami bantu?