Blog

Latest Industry News

PERHATIKAN, INI 5 CARA MERAWAT MOBIL YANG JARANG DIGUNAKAN!

Beraktivitas dengan menggunakan kendaraan pribadi kini sudah menjadi kebutuhan Anda sehari-hari. Namun, ada kalanya pada situasi tertentu, kendaraan Anda lebih banyak diparkir di dalam rumah dan tidak digunakan setiap hari.

Bagaimana cara merawat kendaraan yang lama terparkir dirumah? Perhatikan 5 tips berikut:

  1. Panaskan mesin minimal seminggu sekali. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan mesin dapat berjalan normal dan oli dapat bersirkulasi ke seluruh bagian mesin.

  2. Pastikan sistem kelistrikan berfungsi dengan baikAnda dapat mencoba menyalakan lampu utama, lampu sein, power window, klakson dan fitur fitur lainnya untuk memastikan masih berfungsi dengan normal. Selain itu, periksa juga wiring di area mesin apakah masih dalam kondisi normal, serta pastikan tidak ada kabel yang terkelupas.

  3. Periksa komponen-komponen berbahan karet seperti wiper. Apakah terjadi getas dan permukaannya sudah retak? Selain itu, apakah wiper masih mampu membersihkan kaca mobil dengan baik, atau justru meninggalkan sisa air dan menimbulkan bunyi gesekan saat berfungsi? Apabila iya, maka wiper Anda sudah harus diganti.

  4. Periksa kondisi tekanan ban apakah masih dalam standard dan pastikan apakah ada perubahan bentuk pada sekeliling ban. Untuk standard tekanan ban, Anda dapat melihat informasi yang berada di area pintu pengemudi. Pastikan juga bahwa ketebalan ban masih layak untuk digunakan, dengan memperhatikan indikator TWI (Tire Wear Indicator). Indikator ini berbentuk segitiga kecil yang terletak di dinding ban dan di antara alur telapak ban. Apabila telapak ban telah menyentuh indikator TWI, maka sudah saatnya ban perlu diganti.

  5. Pastikan kondisi minyak rem tidak berkurang dan tidak terjadi kebocoran. Selain itu, pastikan rem masih berfungsi baik dengan cara menekan pedal rem beberapa kali.

 

Yuk rawat kendaraan Anda walaupun terparkir lama didalam rumah, agar kondisinya tetap prima saat kembali digunakan.sumber:honda-indonesia.com

Back to top
Ada yang dapat kami bantu?